Mariovitelli.com, Sebagian banyak diantara ibu rumah tangga sudah tidak lagi mengandalkan cara manual untuk memasak nasi, melainkan sudah mengandalkan rice cooker, tentunya tidak asing dengan alat masak yang satu ini.

Sejak dibuat dan dijual pertama kali ke pasaran sudah banyak diantara masyarakat yang beralih dari cara memasak nasi tradisional menuju yang lebih praktis, apalagi jika dilihat hasil nasi yang didapatkan juga jauh lebih sempurna dibandingkan dengan teknik memasak tradisional yang umum Kamu lakukan, tidak memakan banyak waktu bahkan cocok dipakai memasak nasi sebanyak apapun.

Konsumen tak perlu keluar tenaga ekstra lagi untuk menyiapkan hidangan bagi keluarga di rumah, kemudian dari segi harganya juga terbilang jauh lebih murah dibandingkan dengan harus membeli peralatan memakan tradisional, dengan cara kerja hanya mengandalkan sebuah listrik, karena memang daya yang dibutuhkan untuk memasak nasi dalam alat yang satu ini cukup besar, maka aliran listrik yang ada di rumah hendaknya juga harus benar-benar kuat.

Rice Cooker
Rice Cooker

Salah satu hal penting yang harus diketahui bahwa faktanya banyak sekali diantara alat pemasak nasi ini yang ternyata tidak aman digunakan, diantaranya karena bagian dalamnya terbuat dari bahan logam yang sangat mungkin terkelupas dan tercampur dalam nasi juga ikut termakan.

Untuk mencegah hal tersebut, maka berikut ini ada beberapa tips bagi Kamu memilih rice cooker berkualitas dan pastinya aman untuk hidangan Kamu, diantaranya adalah:

  1. Perhatikan ukuran maksimal nasi yang bisa dimasak dengan alat tersebut, kapasitas memang bagian yang sangat penting, hal ini biasanya menyesuaikan pada kebiasaan sehari-hari, contohnya adalah Kamu yang memiliki jumlah anggota keluarga sangat banyak, maka wajib untuk membeli yang kapasitasnya besar, sehingga tak harus berkali-kali memasak, melainkan cukup sekali saja sudah cukup memenuhi kebutuhan untuk dimakan bersama.
  2. Lihat fiture-fiture tambahan yang ditawarkan oleh alat pemasak nasi tersebut, tidak semuanya hanya berfungsi untuk memasak dan juga menghangatkan saja, tak jarang diantaranya yang dilengkapi beberapa fiture tambahan, seperti ruang untuk mengukus yang sangat lega, begitu juga dengan adanya bagian penyimpanan atau sterilisasi untuk piring di bagian bawahnya. Dengan adanya fiture tambahan ini tentunya akan memberikan keuntungan lebih bagi Kamu saat menggunakannya.
  3. Pilihlah yang memiliki logo SNI, khususnya untuk tempat nasi di bagian dalam, beberapa tahun belakangan bagian inilah yang memang diklaim paling rentan menyebabkan masalah kesehatan, karena dilapisi dengan jenis logam berbahaya yang sangat mungkin terkelupas dan juga masuk kedalam tubuh, tentunya sangat berpotensi untuk merusak ginjal. Jadi pilihlah yang paling aman dengan ada logo SNI.
  4. Pertimbangkan daya listrik yang dibutuhkan untuk pemakaiannya, tak bisa dipungkiri bahwa seandainya perangkat elektronik yang satu ini memang pada dasarnya hanya bisa bekerja dengan konsumsi listrik, namun jumlah konsumsi antara satu brand dengan yang lainnya berbeda, untuk menghemat biaya penggunaan sebaiknya pilihlah produk yang membutuhkan daya kecil untuk bekerja, sehingga beban listrik tidak tekor.
  5. Harga, kemudian jangan sampai salah mempertimbangkan tawaran harga, biasanya untuk harga ini sangat bergantung akan beberapa hal, diantaranya adalah dari segi merk, fiture dan juga ukurannya, semakin bagus produk maka harganya juga akan semakin mahal.

Jangan asal pilih rice cooker untuk menunjang kebutuhan atau konsumsi nasi harian keluarga Kamu, pilih yang benar-benar berkualitas dan juga pastikan keamanan untuk keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here