Mariovitelli.com, Lemari es atau yang biasanya disebut dengan kulkas merupakan suatu alat elektronik yang berfungsi untuk menyimpan bahan makanan dan mendinginkan bahan makanan tertentu agar bisa bertahan lebih lama.

Pada dasarnya, kulkas dibagi menjadi 2 yaitu kulkas 1 pintu dan kulkas 2 pintu. Kulkas 2 pintu yang bahkan sudah bisa dibeli di toko online ini, dipilih karena bisa menampung banyak bahan makanan dan minuman terutama di bagian freezer.

Akan tetapi, kerusakan yang terjadi misalnya karena tidak dirawat dengan baik atau karena sudah lama dipergunakan, bisa mempengaruhi harga kulkas 2 pintu punya Kamu.

Berikut ini adalah jenis kerusakan yang dapat mempengaruhi harga dari lemari es saat akan dijual:

Suhu yang sudah tidak merata

Suhu Tidak Merata
Suhu Kulkas Tidak Merata

Perbedaan suhu di kulkas tersebut bisa disebabkan karena beragam faktor dan bisa diperbaiki dengan cara memeriksa jalur sirkulasi refigran. Kerusakan yang menyebabkan suhu yang tidak merata tersebut diantaranya adalah:

  • Tersumbatnya sistem refrigran
  • Kurang oli
  • Compressor yang fungsinya sudah tidak maksimal sehingga tidak dapat bekerja dengan baik
  • Pembuangan panas yang ada di kondensor terhambat
  • Evaporator yang kotor
  • Bunga es yang menumpuk sehingga menyebabkan penyumbatan

Suhu pada freezer yang tidak bisa optimal

Suhu Pada Freezer Tidak Merata
Suhu Freezer Tidak Merata

Meski Kamu sudah mengaturnya di tingkat yang tinggi, namun suhu lemari es kamu masih tidak optimal. Kerusakan ini menyebabkan es atau makanan beku menjadi tidak dapat beku dengan sempurna bahkan es pada freezer menjadi mencari.

Kerusakan tersebut bisa terjadi karena beban yang terlalu banyak ataupun karena overload yang rusak dan kerusakan yang ada di pengatur suhu. Solusinya adalah dengan mengecek secara menyeluruh dan kemudian mengganti komponen yang rusak.

Kulkas bagian bawah yang tidak dingin

Bagian Bawah Kulkas Tidak Dingin
Bagian Bawah Kulkas Tidak Dingin

Tidak hanya bagian freezer yang harus dingin namun juga di bagian bawah. Jika kerusakan ini tidak segera diperbaiki bisa menyebabkan suhu menjadi semakin hangat dan harga kulkas saat dijual akan turun.

Cara pengecekannya adalah dengan mengecek satu per satu dari membuka penutup evaporator yang ada di bagian pintu atas. Kemudian cek apakah bagian evaporator tersebut terjadi penumpukan bunga es.

Jikapun terjadi penumpukan bunga es, maka kerusakan ada di bagian sistem defros yang menyebabkan pencairan bunga es yang tidak bisa berjalan dengan baik sehingga anda harus mengecek dengan multitester apakah bagian tersebut dalam kondisi terkonek atau tidak dan bagian tersebut dengan suhu -13 derajat haruslah terkonek.

Setelah itu sambungkan kabel defros agar Kamu tahu apakah heater dan fuse yang ada pada lemari es tersebut bisa bekerja dengan baik atau tidak. kemudian Kamu bisa memutar timer di posisi defros dan tunggu hingga beberapa menit.

Jika nantinya heater bisa dalam kondisi panas, maka komponen tersebut bisa bekerja dengan baik. Lalu cek bagian timer kulkas dengan cara memegang bagian motor timer.

Setelah itu, jika terdapat getaran motor timer, maka kemungkinan bagian timer masih dapat bekerja dengan baik. Namun, Kamu bisa juga mengecek pada bagian roda gigi timer apakah berfungsi dengan baik saat perpindahan waktu defros serta komprosor yang bekerja.

Kamu bisa mengeceknya dengan melihat di bagian sela timer dan memastikan jika bagian tersebut berputar. Kamu bisa juga mencoba untuk memutar defros dan kemudian tunggu sekitar 45 menit dan cek apakah timer dapat berpindah sendiri untuk menyalakan kompresor.

Jika iya, berarti timer kondisinya masih bagus, jika tidak maka Kamu harus bersiap jika harga kulkas Kamu akan menurun ketika dijual.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here