mariovitelli.com, Indonesia memiliki mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia, dengan begitu Indonesia menjadi target pasat yang sangat baik untuk beberapa produk dengan basis Syariah. Kali ini kita akan membahas tentang investasi reksadana syariah, salah satu investasi yang sedang di lirik oleh banyak orang akhir-akhir ini.

Namun sebelumya apa sih yang dimaksud dengan reksadana syariah itu? Reksadana syariah bisa dibilang sejenis dengan investasi, namun memiliki predikat syariah dan halal. Hal ini sama seperti tabungan syariah, dimana segala transaksi di bank tersebut halal dan tidak memiliki hal-hal yang di luar konteks syariah.

Pada reksadana syariah ini ada beberapa istilah yang di kenal beberapa masyarakat seperti pemilik modal, atau yang disini sering di sebut dengan istilah Rabb Al-mal/shabib. Nantinya orang yang menjadi pemilik modal akan menyetorkan sejumlah dana, kemudian dana tersebut akan di kelola dan di wakilkan oleh orang yang akan bertindak menjadi pemilik modal.

Seiring banyaknya peminat dan berkembangnya reksadana syariah ini, tentu saja ada keuntungan yang kamu dapatkan ketika memulai investasi reksadana syariah. Selain itu ada keunggulan tersendri dari reksadana syariah ini, apa saja keunggulannya?

Mudah Dan Terjamin Keamananya

Reksadana Syariah dapat di beli melalui APERD, sehingga dalam hal ini sama saja dengan reksadana yang biasa. Untuk awalnya kamu dapat membeli reksadana syariah ini dengan harga 100 ribu rupiah, uniknya kamu dapat membelinya via online.

Selain itu reksadana syariah ini sangat aman, karena dengan dana yang kita gelontorkan akan dikelola oleh serang manajer investasi. Orang yang mengatur dan mengelola uang nasabah sangat paham dan uang akan sangat aman karena di simpan di bang custodian.

Keuntungan Jangka Panjang

Tujuan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang, keuntungan tersebut memiliki rentang waktu yang berbeda tergantung investasi apa yang kamu pilih. Untuk investasi reksadana syariah keuntungan akan kamu dapatkan adalah investasi jangka panjang, sehingga sangat menguntungkan pihak pemilik modal.

Untuk kamu yang memiliki pemikiran tabungan masa depan untuk pendidikan anak kamu kelak, lebih baik kamu melakukan investasi reksadana syariah. Karena keuntungan jangka panjangnya akan memberikan kamu manfaat di masa depan, jadi kamu dapat membekali biaya pendidikan anak kamu kelak.

Lantas bagaimana cara membedakan reksdana syariah dengan yang biasa? Inilah ciri-ciri dari reksadana syariah yang perlu kamu tahu.

Tercantum Dalam Daftar Efek Syariah

Reksadana syariah ini di keluarkan oleh otoritas jasa keuangan melalui DES atau daftar efek syariah, sehingga di cantumkan jenis dan nama perusahaan yang memiliki basis syariah. Dalam DES ini nama dan perusahaan yang tercantum, dapat memperjualbelikan reksadana syariah, dengan begitu dana yang masuk dan keluar sudah di pastikan halal.

Di Awasi Oleh DPS

Ciri lain dari reksadana syariah adalah di awasi oleh DPS, sehingga reksadana syariah ini terjamin halal. Dewan persyaratan syariah ini memiliki tugas mengawasi berbagai hal yang berhubungan dengan hal yang menyangkut investasi syariah, terdapat sekumpulan orang yang terlibat yang bertugas untuk mengawasi berbagai hal dari investasi syariah ini.

Adanya Proses Cleansing

Visi besar dalam reksadana syariah adalah adanya proses cleansing, proses cleansing ini fungsinya untuk menghapus hal-hal yang dapat mengganggu status halal dari keuntungan yang di dapat selama proses berlangsung. Fungsi dari DPS sangat berperan penting dalam proses cleansing ini, uniknya keuntungan dari proses clansing ini sebagian besar tidak langsung masuk ke pemilik modal namun akan di arahakan ke badan amal.

Itulah sedikit informasi tentang investasi reksadana syariah, untuk kamu yang sedang ingin beriventasi cobalah untuk inventasi reksadana syariah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here