Mariovitelli.com, Radiator mobil merupakan bagian penting dari sistem komponen pendingin dengan fungsi untuk menjaga pada suhu mesin kendaraan agar selalu dalam kondisi yang normal. Apabila komponen ini tidak dapat bekerja dengan baik, maka hal ini pun juga akan berdampak buruk pada kendaraan Anda, yang mana kondisi buruk yang dapat terjadi pada kendaraan.

Anda yaitu mengalami overhead atau panas yang berlebihan sehingga hal ini pun juga dapat menyebabkan hal fatal pada bagian seluruh komponen yang ada di dalam mesin termasuk pada bagian katup atau kleb akan masuk serta membuang bahan bakar dan juga komponen yang lainnya sehingga akan mengalami pemuaian berlebihan, dan hal ini kemungkinan akan menjadikan kendaraan Anda turun mesin.

Radiator mobil.
Radiator mobil.

Dampak buruk yang dapat ditimbulkan radiator yang rusak yaitu mengalami kebocoran, sehingga akan menjadikan komponen pada mobil mengalami korosi maupun berkarat pada bagian sirip pendingin.

Oleh sebab itulah penting sekali bagi Anda untuk melakukan cara yang tepat untuk mencegah kebocoran pada radiator kendaraan Anda secara berkala. Jika radiator kendaraan Anda mengalami kerusakan maupun kebocoran, maka apabila Anda kendarai pada perjalanan jarak jauh maka hal ini pun juga akan membahayakan diri Anda sendiri.

Penting sekali bagi Anda untuk melakukan perawatan pada mobil Anda secara rutin agar kendaraan yang Anda kendarai pun tetap nyaman dan aman dan tentunya meskipun Anda kendarai dalam jarak yang jauh pun tidak akan mengalami kendala masalah yang besar.

Radiator mobil.
Radiator mobil.

Agar radiator mobil Anda tidak mengalami kebocoran, maka Anda dapat untuk mengintip pada beberapa tips yang ada di bawah berikut ini yang akan lebih memudahkan diri Anda dalam melakukan perawatannya.

Berikut ini tips melakukan perawatannya:

  1. Apabila mobil Anda masih baru, maka pastikan bahwa Anda mengisi air radiator dengan cairan zat kimia berupa (radiator coolant) hingga penuh. Cairan kimia ini nantinya akan membantu untuk mencegah korosi pada mobil Anda.
  2. Apabila kendaraan sudah lama, maka dapat untuk melihat kondisi radiator terlebih dahulu, apabila sudah mengalami korosi, tentunya Anda harus menguras radiator Anda terlebih dahulu dengan menggunakan zat kimia flush.
  3. Buang air radiator dalam mobil Anda dengan cara membuka penutup keran, dan pastikan bahwa air radiator benar-benar habis.
  4. Masukan setengah cairan kimia radiator berupa flush dalam radiator lalu tambahkan air sampai penuh lalu hidupkan mesin kurang lebihnya 20 menit, kemudian matikan mesin lalu buang semua cairan.
  5. Apabila radiator sudah kosong maka tutup kembali keran lalu masukan air bersih tanpa adanya cairan kimia kemudian hidupkan mesin mobil 5 menit lalu buang kembali.

Itulah trik yang dapat Anda lakukan yang dapat mencegah kebocoran pada radiator kendaraan Anda. Dengan melakukan perawatan dan pencegahan sejak dini, maka hal ini pun tidak akan menghabiskan banyak uang di kantong Anda, karena Anda dapat untuk mengikuti beberapa langkah yang ada di atas, dengan melakukan perawatan sejak dini ini pun juga akan minimalisir kerusakan pada kendaraan Anda.

Agar kendaraan Anda dapat bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama, maka pastikan bahwa Anda selalu rutin dalam melakukan perawatannya, termasuk melakukan perawatan pada bagian radiator mobil yang mana apabila bagian ini tidak Anda rawat dengan baik, maka hal ini pun juga akan menjadikan kendaraan Anda tidak dapat bekerja dengan optimal serta tidak mampu berjalan dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here