Siapkan Plester Luka dan Cegah Anak Terluka Ketika Bermain

0
157
anak bermain di dannys playground

Anak-anak memiliki aktivitas yang sangat tinggi mulai dari bermain, berlari, sampai bersepeda. Tidak jarang aktivitasnya tersebut membuat mereka terjatuh atau terbentur sesuatu sehingga menimbulkan luka. Sebagai orang tua, Anda tidak perlu panik. Selalu sediakan plester luka untuk menutup luka tersebut. Selanjutnya, jangan lupa untuk menasehati anak supaya selalu berhati-hati. Apa saja yang sebaiknya diperhatikan ketika anak bermain di playground?

Awasi Anak Anda dan Bawa Plester Luka Saat Bermain di Playground

plester luka untuk anak

Anak-anak memang memiliki kelincahan yang tinggi. Pada usia tersebut mereka masih belum mengenal dampak dari perilakunya sehingga sangat sering ditemui anak-anak yang melakukan aktivitas berbahaya. Akibatnya mereka akan terluka ketika bermain. Apa yang harus orang tua katakan kepada anak supaya tidak celaka saat bermain di playground?

  • Memilih permainan yang sesuai

Anak-anak sangat suka mencoba hal baru bahkan hal-hal yang mungkin berisiko terhadap dirinya. Hal ini membuat anak-anak rentan terluka ketika bermain di playground karena terjatuh atau tergores. Ajarkan anak untuk memilih mainan yang sesuai. Misalnya pilihlah mainan yang rendah apabila tinggi anak masih belum mencukupi. Selain itu, orang tua juga bisa mengatakan risiko dari setiap mainan plaground yang akan dialami. Yakinkan anak supaya tidak mencoba mainan yang membahayakan dirinya.

  • Tidak mencelakai teman

Bermain bersama teman memang dirasa mengasyikkan. Terkadang aktivitas bersama dengan temannya sangat berbahaya seperti saling mendorong atau saling memukul. Nasehati anak supaya tidak mendorong atau berperilaku kasar ke teman-temannya. Jika sudah terlanjur dan mengakibatkan anak Anda atau anak lain terluka, maka Anda harus siap plester luka supaya luka mereka cepat sembuh. Anda juga bisa bekerja sama dengan orang tua lain supaya anak-anak yang bermain tidak membahayakan satu sama lain.

  • Tahu kapan harus berhenti

Sebelum memasuki area playground, Anda harus mengatakan kepada anak mengenai batasan bermain. Pembatasan tersebut bertujuan menjaga anak supaya tidak terlalu lelah karena terlalu lama bermain. Anda bisa membatasi waktu atau membatasi jumlah permainan yang bisa digunakan. Peraturan tersebut harus dipatuhi oleh anak. Anda bisa menjelaskan secara perlahan mengenai konsekuensi bermain terlalu lama supaya anak mengerti dan mematuhi.

  • Tidak menggunakan mainan rusak

Beberapa permainan di playground terkadang rusak dan belum digantikan oleh pemiliknya. Katakan pada anak untuk menjauhi permainan tersebut dan mencoba permainan hal lain. Anda harus menyiapkan plester luka untuk berjaga-jaga bila anak melanggar peraturan tersebut. Sama seperti sebelumnya, jelaskan mengenai konsekuensi dari apa yang bisa terjadi apabila anak tidak mematuhi peraturan tersebut.

Hal terpenting adalah pengawasan dari orang tua dan persiapan untuk menghadapi hal buruk, misalnya dengan menyiapkan plester luka. Hansaplast menyediakan banyak plester lucu untuk anak dan bisa dilihat melalui hansaplast.co.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here